Resep Cumi Saus Padang yang Enak dan Mudah

Resep menu masakan sehari-hari sederhana, enak dan mudah.

Sedang berpikir masak apa saat ini ? Jika Bunda gak ada gagasan, tidak ada salahnya untuk mencoba buat resep Cumi Saus Padang dibawah ini. Kalian yang sering update warta viral di media sosial tentunya sudah gak asing dong dengan yang makanan Cumi Saus Padang ?. Cara memasaknya juga cukup mudah akan tetapi rasanya sangat enak dan lezat.

Ingin nyobain Cumi Saus Padang tapi teman-teman malas jauh-jauh ? Gimana jika teman-teman coba untuk membuat resep Cumi Saus Padang tersebut sendiri ? Pastinya tidak usah antri segala. Nah kalau tertarik, mari teman-teman simak resep Cumi Saus Padang yang satu ini!

Cumi bakar saus Padang is a delicious way of preparing squid. Though complex, the sauce beautifully complements the texture of the squid and makes it burst with flavour. Lihat juga resep Cumi Jagung Saos Padang enak lainnya.

Cumi Saus Padang - projectfootsteps.org Kalau mau bikin sendiri, bisa kok. Berikut resep membuat cumi saus padang untuk panduan memasakmu. Cumi-cumi jenis sero yang panjang dan tak bertelur jadi bahan utama cumi saus padang. Pertama, tentu saja kamu harus menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk memasak resep Cumi Saus Padang. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk buat resep Cumi Saus Padang. Dibawah ini merupakan bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam bikin resep Cumi Saus Padang yang sangat sederhana ini.

Bagi Bunda yang ingin memasak sendiri di rumah, simak resep Cumi Saus Padang cepat berikut ini. Persiapkan semua bahan dan bumbu yang diperlukan. Tenang saja untuk tutorial resep Cumi Saus Padang yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 33 bahan dan 10 langkah saja.

33 Bahan Bahan untuk Resep Cumi Saus Padang

Untuk bisa membikin Cumi Saus Padang pada postingan ini kamu perlu menyiapkan 33 bahan saja. Jadi silahkan kamu siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan cumi - 500 gram.
  2. Siapkan jagung - 1 buah.
  3. Siapkan bawang bombay - 1 buah.
  4. Siapkan daun bawang - 1 batang.
  5. Siapkan cabai merah - 1 buah.
  6. Siapkan daun jeruk (buang tulang daunnya) - 2 lembar.
  7. Siapkan asam jawa - 1 sdm.
  8. Siapkan kecap asin - 3 sdm.
  9. Siapkan saus tiram - 2 sdm.
  10. Siapkan saus sambal - 4 sdm.
  11. Siapkan saus tomat - 4 sdm.
  12. Siapkan kecap manis - 1 sdt.
  13. Siapkan kecap ikan - 1 sdm.
  14. Siapkan garam - secukupnya.
  15. Siapkan lada - secukupnya.
  16. Siapkan kaldu bubuk - secukupnya.
  17. Siapkan gula pasir - secukupnya.
  18. Siapkan minyak goreng - secukupnya.
  19. Siapkan air - secukupnya.
  20. Siapkan Bahan Bumbu Halus - .
  21. Siapkan bawang merah - 5 siung.
  22. Siapkan bawang putih - 4 siung.
  23. Siapkan cabai merah - 3 buah.
  24. Siapkan cabai rawit (sesuai selera) - .
  25. Siapkan tomat - 1/2 buah.
  26. Siapkan jahe - 1 ruas.
  27. Siapkan Bahan Marinasi Cumi - .
  28. Siapkan jeruk nipis - 1 buah.
  29. Siapkan bawang putih (geprek) - 2 siung.
  30. Siapkan baking soda - 1 sdm.
  31. Siapkan garam - secukupnya.
  32. Siapkan lada - secukupnya.
  33. Siapkan kaldu bubuk secukupnya (opsional) - .

Selain dimasak dengan saus padang sering juga diolah sebagai cumi saus mentega, cumi goreng tepung atau cumi bakar. Cumi saus padang merupakan salah satu olahan cumi-cumi dengan saus cabe melimpah sehingga rasanya pedas menyengat. Cumi Saus Padang merupakan salah satu hidangan populer di restoran atau warung seafood. Menu ini termasuk yang banyak dipesan loh!

10 Tahapan Memasak Cumi Saus Padang

Selanjutnya Jika kalian sudah menyiapkan 33 bahan yang diperlukan diatas. Selanjutnya kamu simak langkah-langkah selengkapnya untuk memasak Cumi Saus Padang dibawah ini.

  1. Cuci bersih cumi, potong-potong, lalu marinasi dengan seluruh bahan marinasi selama 30 menit Jika nantinya proses marinasi selesai, bilas kembali cumi Sisihkan.
  2. Sambil menunggu marinasi cumi, lakukan persiapan bahan lain : 1. Potong-potong jagung 2. Iris-iris daun bawang 3. Potong dadu bawang bombay 4. Iris serong cabai merah 5. Siapkan daun jeruk 6. Larutkan asam jawa ke dalam ± 50 ml air Sisihkan.
  3. Haluskan seluruh bahan bumbu halus Sisihkan.
  4. Setelah cumi dimarinasi dan dicuci bersih kembali, goreng cumi dalam minyak panas dan api besar selama ± 1,5 menit. Hal ini dilakukan untuk membuat cumi lebih empuk, serta untuk menghilangkan sisa baking soda yang masih menempel. Bilas kembali cumi agar lebih bersih..
  5. Panaskan minyak, tumis bumbu halus (pada Langkah 3) dengan daun jeruk. Tumis hingga harum.
  6. Lalu masukkan bawang bombay. Tumis hingga warnanya lebih gelap.
  7. Bumbui dengan kecap asin, saus tiram, saus sambal, saus tomat, kecap manis, kecap ikan, garam, lada, kaldu bubuk dan gula pasir. Aduk rata.
  8. Masukkan jagung dan cabai merah iris. Masukkan air asam jawa.
  9. Setelah jagung empuk, masukkan cumi dan daun bawang. Masak maksimal 1,5 menit. Aduk rata, tes rasa..
  10. Selesaii, dah mirip kayak di resto Lur 🤭😋.

Perpaduan kenyalnya cumi ditambah dengan citarasa saus padang yang gurih sekaligus pedas membuat siapapun yang menyantap Cumi Saus Padang langsung jatuh cinta. Sekali mencoba, ingin lagi, lagi, dan lagi.. Siapa yang tidak suka olahan seafood pasti banyak yang menyukainya bukan. Kali ini Resep Koki akan memberikan resep seafood dengan bahan utama cumi. Daging cumi yang lezat ditambah dengan bumbu-bumbu istimewa serta saus padang yang enak pasti akan membuat Anda tidak sambar untuk menyantapnya.

Nah sekarang Anda telah selesai mengolah Cumi Saus Padang yang mudah dan enak ini., sangat mudah bukan ? Silahkan kalian coba buat sendiri di rumah. Jangan lupa bagikan resep Cumi Saus Padang ini kepada teman-teman kalian yah. Selain resep Cumi Saus Padang diatas kalian juga bisa simak koleksi aneka resep menu masakan sehari - hari yang enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep