Resep Cumi Saus Padang yang Lezat dan Enak

Resep menu masakan sehari-hari sederhana, enak dan mudah.

Sedang berpikir memasak apa saat ini ? Apabila Kalian tak punya gagasan, dapat Bunda coba bikin resep Cumi Saus Padang berikut ini. Kalian yang sering update kabar trending di media sosial pasti sudah tak asing dong dengan yang masakan Cumi Saus Padang ?. Cara memasaknya juga cukup cepat namun rasanya sangat enak dan lezat.

Kepengen makan Cumi Saus Padang tapi kamu malas beli ? Gimana kalau Anda coba untuk buat resep Cumi Saus Padang tersebut sendiri ? Pastinya tak perlu antri segala. Nah kalau tertarik, mari teman-teman simak resep Cumi Saus Padang yang satu ini!

Lihat juga resep Cumi Jagung Saos Padang enak lainnya. Olahan saus padang biasanya digunakan pada menu seafood, salah satunya cumi. Saus padang ini rasanya pedas, asam, dan manis, menyatu dengan daging cumi yang kenyal.

Cumi Saus Padang - projectfootsteps.org Cumi bakar saus Padang is a delicious way of preparing squid. Though complex, the sauce beautifully complements the texture of the squid and makes it burst with flavour. It's a flavour one will remember even after the dish is long gone. Pertama, pastinya kamu harus mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk memasak resep Cumi Saus Padang. Lalu apa apa saja sih bahan-bahan yang dibutuhkan untuk buat resep Cumi Saus Padang. Berikut ini merupakan bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat resep Cumi Saus Padang yang sangat simpel ini.

Untuk Bunda yang ingin bikin sendiri di rumah, simak resep Cumi Saus Padang sederhana berikut ini. Persiapkan semua bahan dan bumbu yang diperlukan. Tenang saja untuk tutorial cara buat Cumi Saus Padang yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 21 bahan dan 9 langkah saja.

21 Bahan Bahan untuk Resep Cumi Saus Padang

Untuk dapat bikin Cumi Saus Padang pada postingan ini kalian perlu menyiapkan 21 bahan saja. Jadi silahkan kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan cumi - 1/2 kg.
  2. Siapkan Jeruk nipis untuk balurin cumi - .
  3. Siapkan jahe, memarkan - 2 ruas.
  4. Siapkan bawang bombay, potong 2, lepas lapisannya - 1/2.
  5. Siapkan cabe merah besar (saya pakai keriting), iris besar utk pemanis - 3.
  6. Siapkan daun bawang (optional) - 1 batang.
  7. Siapkan sereh, memarkan - 2 batang.
  8. Siapkan Asam jawa, diambil airnya (saya sih pakai jeruk nipis krn lupa beli asam jawa hehe) - .
  9. Siapkan saus tiram - 1 sachet.
  10. Siapkan saus tomat - Secukupnya.
  11. Siapkan saus sambal (saya pakai sambel cap ibu jari, ada rasa bawang putihnya) - Secukupnya.
  12. Siapkan garam - Secukupnya.
  13. Siapkan kaldu bubuk (optional) - Secukupnya.
  14. Siapkan minyak untuk menggoreng cumi (harus terendam ya. Btw inipun kalau cuminya mau digoreng. Kalau mau langsung ditumis dengan bumbu juga boleh kok) - Secukupnya.
  15. Siapkan minyak untuk menumis bumbu halus - Secukupnya.
  16. Siapkan air panas (ini sih nanti aja kl udah selesai numis bumbunya) - Secukupnya.
  17. Siapkan Bumbu Halus - .
  18. Siapkan cabe rawit merah (kalau nggak suka pedas, diskip saja) - 7.
  19. Siapkan cabe merah keriting - 7.
  20. Siapkan bawang merah - 5 siung.
  21. Siapkan bawang putih - 6 siung.

Cumi-cumi jenis sero yang panjang dan tak bertelur jadi bahan utama cumi saus padang. Selain dimasak dengan saus padang sering juga diolah sebagai cumi saus mentega, cumi goreng tepung atau cumi bakar. Cumi saus padang merupakan salah satu olahan cumi-cumi dengan saus cabe melimpah sehingga rasanya pedas menyengat. Sedikit manis dan gurih. hai semua video ini saya membagikan resep cara masak cumi saus padang, cumi saus padang ini adalah salah satu olahan cumi yang banyak disukai, dalam resep in.

9 Panduan Resep Cumi Saus Padang

Selanjutnya Setelah kamu sudah menyiapkan 21 bahan yang dibutuhkan diatas. Sekarang kamu simak langkah-langkah selengkapnya untuk membikin Cumi Saus Padang berikut ini.

  1. Cuci bersih cumi. Buang kantung tinta, tulang, gigi dan mata..
  2. Potong cumi sesuai selera..
  3. Balurkan air jeruk nipis dan garam. Diamkan sekitar 2 jam (ini idealnya supaya empuk — Saya sih cuma 30 menit 😅).
  4. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan cabe iris, jahe, bawang bombay, dan sereh. Tumis hingga layu. Matikan kompor..
  5. Bilas cumi yang sudah dibalur jeruk dan garam hingga bersih. Goreng di minyak panas selama 1-2 menit (sebenarnya bisa juga cumi langsung ditumis di bumbu halus. Tapi saya suka tekstur cumi yang kenyal tapi lembut.) Jangan kelamaan ya gorengnya, nanti jadi susah digigit😵‍💫.
  6. Angkat cumi, masukkan ke bumbu yang sudah ditumis..
  7. Nyalakan api kecil, aduk cumi dengan bumbu. Tambahkan air panas, garam dan kaldu bubuk sesuai selera..
  8. Masukkan daun bawang, aduk rata..
  9. Cumi saus padang siap disajikan!.

Siapa yang tidak suka olahan seafood pasti banyak yang menyukainya bukan. Kali ini Resep Koki akan memberikan resep seafood dengan bahan utama cumi. Daging cumi yang lezat ditambah dengan bumbu-bumbu istimewa serta saus padang yang enak pasti akan membuat Anda tidak sambar untuk menyantapnya. Masukkan saus tiram, saus sambal, saus tomat, merica bubuk, dan gula pasir. Tambahkan sedikit air, oseng-oseng agar bumbu meresap ke cumi.

Cukup disini panduan cara mengolah Cumi Saus Padang telah selesai, sangat sederhana bukan ? Silahkan kamu coba buat sendiri di rumah. Jangan lupa bagikan resep Cumi Saus Padang ini kepada teman-teman kalian yah. Selain resep Cumi Saus Padang diatas teman-teman juga bisa simak koleksi aneka resep menu masakan sehari - hari yang enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep